Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Setting Permalink dengan Tautan Permanen Khusus di Blogspot

Do you want to share?

Do you like this story?


cara setting permalink
Cara Setting Permalink dengan Tautan Permanen Khusus di BlogspotPermalink adalah url (link) permanen yang menuju pada halaman tertentu. Secara default, biasanya blogspot akan membuat permalink otomatis berdasarkan judul artikel yang kita buat namun dengan panjang atau jumlah karakter yang terbatas. Hal ini mengakibatkan seringkali  url yang kita buat menjadi terpotong dan secara SEO hal ini menjadi tidak optimal serta tidak menguntungkan dalam pencarian kata kunci. Contohnya saja untuk artikel kontes seo yang biasanya menggunakan target keyword yang panjang, sudah pasti permalink yang terbentuk secara otomatis akan terpotong dibagian belakangnya. Masalah ini sering disiasati banyak blogger senior dengan menghitung jumlah karakter judul yang akan dijadikan url sebelum dipublish. Ribet banget jadinya, apalagi buat blogger yang masih newbie mungkin pemikirannya tidak akan sampai sejauh itu.

Judul : Foto Bioskop Terbelah Dua Hanya Pembohongan Publik
URL   : http://www.rayhanzhampiet.com/2012/09/foto-bioskop-terbelah-dua-hanya.html

Namun dengan adanya tampilan antar muka blogger yang baru, kini  anda dapat mengatur sendiri url permalink yang akan anda buat dengan menggunakan tautan permanen khusus. Dengan cara ini maka anda akan dapat membentuk url yang akan dibuat menjadi sama persis dengan judul artikel, meskipun untuk judul artikel yang panjang. Ikuti caranya berikut ini :

1.       Buat sebuah artikel dan beri judul sesuai keinginan anda.
2.     Saat anda menuliskan entri baru dan meletakkan judul dibagian atas editor, perhatikan di sidebar kanan anda akan melihat tulisan Setelan entri.
3.     Cobalah klik pada menu Tautan Permanen, disitu ada URL Otomatis dan URL Khusus. URL Otomatis adalah permalink yang dibuat blogger secara otomatis namun beresiko ada bagian yang terpotong karena ada pembatasan jumlah karakter seperti yang saya jelaskan diatas. Misalnya saya membuat artikel berjudul “Kinki Ryusaki Gadis Pembuat Tatto Profesional dari Malaysia”, maka url yang akan terbentuk secara otomatis seperti gambar dibawah ini :

permalink-1

4.    Terlihat bahwa permalinknya terpotong bukan ? Nah supaya urlnya sama dengan judul maka saya pilih URL Khusus dan menuliskan judul pada kotak dibawah tulisan Tautan Permanen Khusus. Aturan untuk penulisan permalink ini tidak boleh menggunakan spasi, pemisahan kata dapat menggunakan tanda (.) atau (-) saja. Hasilnya seperti dibawah ini :

permalink-2

5.       Jika dirasa sudah pas, selanjutnya publish artikel anda dan lihatlah sekarang anda sudah bisa membentuk url postingan sama persis seperti judul artikel.
6.       Selamat mencoba.


Demikian tips Cara Setting Permalink dengan Tautan Permanen Khusus di Blogspot ini, semoga bermanfaat untuk anda.


YOU MIGHT ALSO LIKE